Akreditasi Program Studi Akuntansi : Menjadi Program Studi Unggulan di Bidang Akuntansi yang Berwawasan Global

Akreditasi Program Studi Akuntansi : Menjadi Program Studi Unggulan di Bidang Akuntansi yang Berwawasan Global

Akreditasi BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) adalah standar yang digunakan untuk mempertanggung jawabkan dan menguji mutu atau kualitas akademik dari sebuah Program Studi pada sebuah perguruan tinggi, proses akreditasi BAN PT ini dilakukan setiap 5 tahun sekali.

Dalam rangka akuntabilitas pengelolaan program studi, telah dilakukan visitasi Akreditasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2017 oleh perwakilan dari BAN PT dengan assesor Prof. Sri Mulyani NS, M.Si.,Ak dari UNPAD dan Dr. Dody Hapsoro, MSPA, MBA, Ak. CA. dari STIE YKPN, untuk memberikan penilaian pada program studi Akuntansi STIE PGRI Dewantara Jombang. Proses akreditasi tersebut dilakukan dengan sangat komprehensive meliputi pelaporan 7 standar dalam borang akreditasi, meliputi :

Standar 1 : Visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi
Standar 2 : Tata Pamong
Standar 3 : Kemahasiswaan dan Alumni
Standar 4 : Sumber Daya Manusia yakni Kompetensi dosen dan tenaga kependidikan
Standar 5 : Kurikulum
Standar 6 : Sistem Keuangan dan Informasi
Standar 7 : Penelitian, pengabdian masyarakat dan kerja sama

Yang telah disusun dengan baik sebelumnya oleh tim penyusun borang akreditasi akuntansi yang terdiri ketua program studi akuntansi ibu Lina NaihatunNafidah, SE.,M.Aks dengan di bantu oleh ibu Benih Hartanti, SE.,MBA. dan ibu Nur Anisa, SE., MSA. Ak. CA. serta bantuan dan dukungan dariseluruh Pimpinan, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang.

Dalam sambutannya ketua STIE PGRI Dewantara Jombang Dra. YunipMujatiSuaidah, M.Si. menyebutkan “Akreditasi pada Program Studi akuntansi ini merupakan satu bentuk tanggung jawab penyelenggaraan pendidikan tinggi kepada stakeholder yaitu masyarakat pengguna lulusan tentang keadaan dan upaya penyelenggaraan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang unggul di bidang akuntansi yang berwawasan global, sesuai dengan visi program studi Akuntansi”. Dalam pelaksanaan akreditasi ini, berjalan dengan sangat baik dan santai, tim assessor melakukan evaluasi pada seluruh borang yang telah dikirim sebelumnya dan beliau memberikan rekomendasi serta masukan yang membangun, sebagai bentuk sharing pengalaman pengelolaan Program studi S1 Akuntansi untuk pengembangan berikutnya.

Diharapkan setelah dilaksanakan Visitasi Akreditasi, Program Studi Akuntansi STIE PGRI Dewantara Jombang dapat meraih nilai dan peringkat yang lebih baik dari sebelumnya, hal ini sejalan dengan target STIE PGRI Dewantara Jombang untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang ekonomi dan bisnis yang berwawasan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *