BEKERJASAMA DENGAN PROGRAM JALIN MATRA, STIE PGRI DEWANTARA SUKSES GELAR AUDISI MOTHERCARE JATIM AWARD 2019 KABUPATEN JOMBANG DAN APRESIASI KEPADA KEPALA RUMAH TANGGA PEREMPUAN

BEKERJASAMA DENGAN PROGRAM JALIN MATRA, STIE PGRI DEWANTARA SUKSES GELAR AUDISI MOTHERCARE JATIM AWARD 2019 KABUPATEN JOMBANG DAN APRESIASI KEPADA KEPALA RUMAH TANGGA PEREMPUAN

Kamis (7/11/2019) STIE PGRI Dewantara Jombang bekerja sama dengan koordinator program jalin Matra mengadakan Audisi Mothercare Jatim Award 2019 Kabupaten Jombang dan Apresiasi dan penghargaan terhadap kepala rumah tangga perempuan (KRTP). Acara yang diadakan di Hall Budi Utomo STIE PGRI Dewantara Jombang ini dibuka oleh Asisten I Drs. Mas’ud MSi. Hadir pula Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang dan beberapa tamu undangan antara lain Anggota Komisi D DPRD, Perwakilan Bappeda, Dinas kesehatan, Dinas Koperasi dan UKM, serta Dinas PPPA, Tim Penggerak PKK, Camat Jogoroto, Wonosalam, Mojowarno, Kesamben, Peterongan, Diwek dan Plandaan, Ketua LPPM UB, serta Ketua Forum Puspa Arimbi Jombang.

Dalam sambutannya Bapak Mas’ud menjelaskan bahawa acara ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada KRTP. Mothercare sebagai stakeholder dalam rangka meningkatkan motivasi dan semangat KRTP dalam mengembangkan usaha, serta menumbuhkembangkan pendampingan yang dilakukan oleh mothercare serta meningkatkan stakeholder dalam rangka pelestarian pembinaan terhadap KRTP.

Sementara itu, Dra. Yuniep Mujati Suaidah, M.S, selaku Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang dalam sambutannya  menambahkan bahwa audisi mothercare ini merupakan kegiatan dari pemerintah Kabupaten yang difasilitasi oleh STIE PGRI Dewantara Jombang dan nantinya STIE PGRI Dewantara Jombang juga akan memberikan pendampingan pasca program sebagai pendamping sukarela yang menginginkan program ini tetap berjalan dan berhasil.

Ibu Vivi Ekawati selaku  Koordinator pendamping program jalin Matra PKK Kabupaten Jombang, di sela acara menjelaskan  bahwasanya apresiasi usaha yang dilakukan oleh KRTP yang saat ini sedang dibantu oleh program jalin matra khususnya dalam penanggulangan feminimisasi kemiskinan dengan memberikan bantuan sarana prasarana usaha dari pemerintah Propinsi Jawa Timur untuk mengembangkan usaha, namun beberapa berjalan dengan baik, stagnan, bahkan ada yang tenggelam. Bagi yang pasca program dikunjungi kembali usahanya dan mengenalkan kepada instansi terkait atau kedinasan agar ikut membantu, membina, menyentuh, memotivasi dan membimbing KRTP agar usahanya terus berkembang dengan baik sehingga mampu naik kelas dan mampu menyekolahkan anaknya hingga perguruan tinggi. KRTP merupakan janda yang ditinggal mati suaminya atau ditelantarkan.

Ibu Vivi menambahkan bahwa sasaran program sejak 2015 hingga kini ada 4.654 KRTP yang tersebar di 186 desa yang menerima program tetapi tidak menilai atau mengajak semua untuk berperan serta, hanya mampu mampu mengikutkan 19 sasaran KRTP dari sampling hasil usulan pendamping desa masing-masing sesuai situasi dan kondisi yang terpilih dan muncul 5 nominator yang nanti akan dikirim ke Propinsi sebagai delegasi Jombang. Ada 338 mothercare, sedangkan mothercare unsur PKK Desa yang ikut hanya 8 orang yang nantinya diambil 3 orang mewakili kabupaten Jombang diajang tingkat propinsi yang akan diselenggarakan pada tanggal 25-27 November 2019 mendatang. (d_peter, Il, Chus/STIE/PPSI/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *