HIMAKU STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG ADAKAN COMPANY VISIT 2019 KE IKATAN AKUNTAN INDONESIA (IAI) WILAYAH JAWA TIMUR

HIMAKU STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG ADAKAN COMPANY VISIT 2019 KE IKATAN AKUNTAN INDONESIA (IAI) WILAYAH JAWA TIMUR

Kamis  (11/04/2019) Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKU) mengadakan Company Visit 2019 ke Ikatan Akuntan Indonesia wilayah Jawa Timur. Dengan mengusung tema : “HIMAKU Out of The Box Get New Experience”, kunjungan ini bertujuan untuk mengembangkan mahasiswa program studi Akuntansi agar menjadi mahasiswa yang lebih unggul dalam bidang Akuntansi dan berwawasan luas. Program Company Visit ini, dapat membantu mahasiswa dalam pengetahuan seputar akuntansi secara global bersama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). STIE PGRI Dewantara Jombang sudah menjalin kerjasama dangan pihak Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) wilayah Jawa Timur sejak lama, dan company visit ini merupakan bagian dari kerjasama ini.

Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Dr. Dr. Ontot Murwanto,MM.,Ak.,CA.,CMA, selaku Sekretaris IAI Wilayah Jawa Timur. Dalam sambutannya, beliau berharap agar mahasiswa sekarang ini tidak hanya menjadi  mahasiswa learning to know saja tapi a harus menjadi mahasiswa yang  learning to do, learning to be,  dan learning together. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Agus Taufik Hidayat, SE, MM, selaku Ketua Program Studi Akuntansi STIE PGRI Dewantara Jombang. Sebelumnya, para peserta Company Visit ini disuguhkan dengan video profil IAI Wilayah Jawa Timur.

Puncak acara yaitu penyampaian materi oleh Ketua Bidang Keanggotaan IAI wilayah Jawa Timur,  Sugeng Widiyanto.,SE.,Ak.,CA. Dalam sesi acara tersebut, beliau lebih banyak penyampaikan pengalaman beliau sebagai seorang praktisi di pemerintahan. Selain itu beliau juga menyampaikan tentang sertifikasi serta program brevet go to campus yang diadakan oleh IAI Wilayah Jawa Timur.   Selain itu juga dijelaskan mengenai keanggotaan IAI yang terbagi menjadi 3 (tiga) golongan yaitu Anggota Muda, Anggota Madya dan Anggota Utama. Kelompok mahasiswa dapat menjadi bagian dari IAI sebagai Anggota Muda dengan syarat mengisi formulir secara online, pendidikan minimal D3/S1 dan dikenakan tarif sebesar Rp.125.000. Sedangkan untuk menjadi pengurus Ikatan Akuntan Indonesia harus lolos  mengikuti ujian CA dan ujian lain yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia.

Ikatan Akuntan Indonesia Jawa Timur memiliki kominsariat di beberapa wilayah Jawa Timur, yaitu  Madiun, Malang, Madura, dan Jember. Di kabupaten Jombang sendiri belum ada dikarenakan untuk mendirikan Kominsariat tidaklah mudah karena memerlukan banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh Ikatan Akuntan Indonesia Jawa Timur. Banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan bergabung menjadi  anggota Ikatan Akuntan Indonesia , antara lain mendapatkam  informasi seputar Akuntansi secara up to date .

Di akhir acara pihak lembaga bersama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) saling bertukar kenang-kenangan berupa cinderamata dan ditutup dengan foto bersama. Semoga acara  Company Visit 2019 ini bisa menjadi agenda tahunan karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan bergabung dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) antara lain dapat menambah pengalaman dan pengetahuan mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang terutama mahasiswa Program Studi Akuntansi (d_peter, Beny, HIMAKU/STIE/PPSI/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *