HIMAKU STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG GELAR ACCOUNTING FESTIVAL OF DEWANTARA (ACFED) 2019

HIMAKU STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG GELAR ACCOUNTING FESTIVAL OF DEWANTARA (ACFED) 2019

Sabtu (26/01/2019) Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKU) STIE PGRI Dewantara Jombang sukses mengelar Accounting Festival of Dewantara (ACFED) tahun 2019.  Olimpiade Akuntansi yang merupakan program kerja tahunan HIMAKU ini, pada tahun ketiga  ini dikemas dengan formasi yang berbeda baik dari segi materi maupun kategori juara yang diperebutkan dari tahun sebelumnya.

Dengan mengusung tema ACCOUNTING COMPETITION TO REACH THE BRIGHT FUTURE”, olimpiade yang diikuti oleh peserta baik dari kalangan SMA/MA dan SMK ini diadakan di Hall Budi Utomo STIE PGRI Dewantara Jombang. Acara dibuka dengan Tari Remo Bolet Jombang dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Dra. Yuniep Mujati Suaidah, M.Si, selaku Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang yang didampingi Kaprodi Akuntansi, Bapak Agus Taufik Hidayat, SE, MM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa olimpiade akuntansi ini merupakan arena untuk belajar bersama baik bagi peserta, guru pendamping, dosen, panitia dan mengasah potensi menjadi akuntan yang berintegras, jujur, cerdas, dan berkarakter.

Dalam ACFED tahun ini para peserta harus bisa lolos dalam 3 (tiga) babak/tahap untuk bisa menjadi juara, yaitu Babak Knock Out, Babak Cepat Dapat dan Babak Presentasi. Pada babak pertama (Knock Out) peserta dalam 1 team  yang terdiri dari 2 orang  diharuskan mengerjakan 40 butir soal Multiple Choice dan 1 butir soal Essay  secara individu, dalam waktu 90 menit dan diambil 12 team SMK dan 9 team SMA/MA. Sebelum memasuki babak kedua, para peserta bisa rehat sejenak dengan menikmati hiburan dari UKM Dewantara Musik dan melihat bazar yang sudah disedikan panitia.

Babak kedua (Cepat Dapat) dilombakan dengan uji kemampuan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal selama 1 menit yang  dibacaka oleh MC dan ditayangkan pada screen proyector . Peserta yang lolos dalam babak kedua ini diambil 6 team dari  SMK dan 6 team dari  SMA/MA. Babak terakhir yaitu  Babak Presentasi dimana para peserta diharuskan mempresentasikan kasus sesuai dengan tema hasil undian yang diambil.

Setelah melewati persaingan yang sangat ketat babak demi babak, akhirnya untuk kategori SMK, Juara I berhasil diraih oleh SMKN 1 Bojonegoro, Juara II  dan Juara III diraih oleh SMKN 1 Jombang. Sedangkan untuk kategori SMA/MA, Juara I diraih oleh SMAN 2 Jombang, Juara II diraih oleh Man 3 Jombang, dan Juara III diraih oleh MAN 1 Nganjuk. Selamat buat para pemenang. Acara olimpiade ditutup dengan  penampilan yang memukau dari Tari Nayaka Dewantara dan penampilan dari D’Ex Dance. Selamat buat para Juara dan selamat buat seluruh panitia atas kesuksesan terselenggaranya Accounting Festival of Dewantara (ACFED) ke- 3. See you on ACFED tahun 2020. (d_peter, Beny, HIMAKU/STIE/PPSI/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *