HIMAKU STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG SUKSES GELAR ACCOUNTING FESTIVAL OF DEWANTARA 2020

HIMAKU STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG SUKSES GELAR ACCOUNTING FESTIVAL OF DEWANTARA 2020

Minggu (26/01/2020) Sukses menggelar olimpiade akuntansi Tingkat SMK atau SMA/MA se-Jawa Timur tahun yang lalu, tahun ini Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKU) kembali menggelar olimpiade akuntansi yang bertajuk Accounting Festival of Dewantara 2020. Accounting Festival of Dewantara tingkat SMK atau SMA/MA se- Jawa Timur ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing baik Nasional maupun Internasional, guna mencetak generasi akuntan untuk masa depan.

Ajang bergengsi yang diikuti oleh 53 tim yang terdiri atas 33 tim tingkat SMA/ MA dan 20 tim tingkat SMK ini bertempat di Kampus STIE PGRI Dewantara Jombang . Acara dibuka dengan penampilan tari remo dan diikuti dengan sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana, Perwakilan dari Kanbtor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang dan Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang, Ibu Dra. Yuniep Mujati Suaidah, M.Si. Dalam sambutannya beliau menjelaskan, kompetisi ini memiliki tujuan yang positif bagi para peserta yang mengikutinya. Di antaranya, menumbuhkan iklim kompetisi yang sehat dalam diri peserta, serta sarana untuk mengukur kemampuan masing-masing sekolah agar lebih kompetitif lagi.

“Para peserta akan  mendapat pengetahuan serta mengasah kemampuan mereka lebih dalam mengenai akuntansi,” ujar beliau.

Accounting Festival of Dewantara tahun 2020 ini terdiri dari 3 rangkaian yaitu sesi knock out, sesi 2 C (cerdas cermat), serta sesi Think and Talk. Dalam Sesi Knock Out , para peserta mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 40 soal dan ada juga soal uraian dengan waktu 90 menit. Dalam sesi tersebut diambil 12 tim SMA dan 12 tim SMK untuk maju ke sesi berikutnya yaitu sesi 2C (Cerdas Cermat).

Sebelum masuk ke sesi kedua para peserta dihibur dengan penampilan taei Kidung Abipraya yang ditampilkan oleh komunitas tari dari STIE PGRI Dewantara Jombang. Acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan penampilan musik dari UKM Musik STIE PGRI Dewantara Jombang. Dalam sesi kedua yaitu sesi 2C (Cerdas Cermat) , para peserta harus menjawab soal dengan cepat, dimana sesi ini dibagi menjadi 4 pool masing – masing pool terdiri dari 3 tim yang diperlombakan secara bergantian. Akhirnya diambil 8 tim SMA/Ma dan 8 tim SMK yang melaju ke babak selanjutnya.

Para peserta yang lolos di sesi kedua berhak melaju ke sesi terakhir yaitu sesi ketiga (babak Think and Talk). Dalam sesi ini para peserta melakukan debat antar tim. Dalam sesi ini dibagi menjadi 4 pool masing– masing pool terdiri dari 2 tim yang diperlombakan secara bergantian.

Setelah selesainya babak Think and Talk dilanjutkan dengan hiburan yang menampilkan dance yang dipersembahkan oleh Breaking Point, dan pembagian  doorprize yang dipandu oleh mc non formal. Setelah melalui penilaian para juri, akhirnya diperoleh juara untuk  kategori SMA , juara 1 diraih oleh SMA Negeri 2 Mojokerto, juara 2 diraih oleh MAN 1 Nganjuk, dan  juara 3 diraih oleh MAN 9 Jombang. Untuk kategori SMK juara 1 diraih oleh SMK Negeri 1 Jombang, juara 2 diraih oleh SMK Negeri 1 Jombang, dan juara 3 diraih oleh SMK Negeri 1 Jombang. Selamat bagi para pemenang, semoga dengan mengikuti olimpiade ini para peserta khusunya siswa-siswa SMA/SMK/MA sederajat dapat dapat termotivasi untuk terus mengasah kemampuannya dalam bidang akuntansi dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin demi masa depanya  (d_peter, Beny, HIMAKU/STIE/PPSI/2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *