HIMAKU SUKSES MENGGELAR ACCOUNTING FESTIVAL OF DEWANTARA (ACFED) TAHUN 2018

HIMAKU SUKSES MENGGELAR ACCOUNTING FESTIVAL OF DEWANTARA (ACFED) TAHUN 2018

Himpunan mahasiwa akuntansi (HIMAKU) STIE PGRI Dewantara Jombang kembali menggelar acara Olimpiade Akuntansi atau Accounting Festival of Dewantara (ACFED) yang diselenggarakan setiap tahun bagi para siswa/siswi tingkat SMA/SMK/MA sederajat.

Sabtu, 20 januari 2018 bertempat di Grha Dewantara STIE PGRI Dewantara Jombang Lantai 3, olimpiade yang diikuti oleh 38 kelompok peserta dari 3 kota yakni Kediri, Nganjuk dan Jombang, dibuka oleh Ibu Dra. Yuniep Mujati Suaidh, M.Si selaku Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang.

Dengan mengambil tema “Explain Your Knowledge With Accounting”, olimpiade ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengasah kemampuan dari para calon-calon akuntan di tingkat SMA/SMK/MA dan memotivasi mereka  dalam menekuni serta mengembangkan ilmu  akuntansi. Acara ini terdiri dari tiga sesi yakni sesi pertama multiple choice and essay, sesi kedua adalah sesi cepat dapat, dan sesi ketiga adalah sesi presentasi.

Sesi pertama adalah multiple choice and essay. Pada babak ini, setiap peserta (individu) akan mengerjakan satu lembar soal yang berisi 40 butir soal tertulis yang terdiri dari soal multiple choice (60% soal berbahasa Indonesia dan 40% soal berbahasa Inggris). Di sesi dua ini, peserta akan diberikan 10 soal essay dengan waktu selama 120 menit.  Enam belas tim yang memiliki skor tertinggi akan masuk ke babak selanjutnya dan berhak mengikuti sesi berikutnya.

Pada sesi kedua yaitu sesi cepat dapat, para peserta akan dibagi menjadi 4 (empat) pool, masing-masing pool terdiri dari 4 (empat) tim dan akan dilombakan secara bergiliran. Penilaian dilakukan bukan berdasarkan penilaian kelompok, melainkan berdasarkan nilai tertinggi dari keseluruhan tim yang masuk di 16 besar (seluruh tim). Enam tim yang memiliki nilai tertinggi akan lolos ke sesi terakhir yaitu sesi ketiga (sesi presentasi).

Sesi terakhir yaitu sesi presentasi, dimana para peserta mempresentasikan materi yang disediakan oleh panitia Peserta wajib mempresentasikan argumen secara lisan di hadapan dewan juri tanpa membawa catatan dalam bentuk apapun dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri.

Berikut ini daftar tim yang memenangkan Olimpiade Akuntansi atau Accounting Festival of Dewantara (ACFED) tahun 2018, yaitu :

Juara 1             : Anisa Binti Roikhatul J. dan Nengnis Uswatun dari SMKN 2 Nganjuk

Juara 2             : Randa Erdi Pranata dan Widya Susanti dari SMKN 1 Jombang

Juara 3             : Linda Widyaningsih dan Lydia Saputri dari SMKN 2 Nganjuk

Harapan 1       : Novita Sari dan Novi Nurul Hidayah dari SMKN 1 Jombang

Harapan 2       : Rizki Nur Lailatul M.dan  Fikrotul Nabila dari SMK PGRI 1 Jombang

Harapan 3       : Devi Ayu Febrianti dan Lusi Rahmawati dari SMK PGRI 1 Jombang

Selamat bagi para juara !!! (d_peter,HIMAKU,&beny/STIE/PPSI/2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *