KOMUNITAS BINAAN P2KPK STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG

KOMUNITAS BINAAN P2KPK STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG

Sejak berdiri tahun 2014 P2KPK (Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Pengembangan Karir) STIE PGRI Dewantara Jombang dibawah pimpinan Ibu Chusnul Rofi’ah, SE, MM  dan Bapak Nuri Purwanto, ST, MM telah menghasilkan komunitas binaan sebagai berikut :  

  1. Tunas Entrepreneur Dewantara (TED) 

Komunitas Wirausaha Muda jenjang SMU/SMK/MA binaan STIE PGRI Dewantara Jombang, dimana komunitas wirausaha muda tersebut bertujuan untuk menyebarkan semangat kewirausahaan dimulai dari usia sedini mungkin untuk diterapkan pemahaman dan ditumbuhkan  semangat kewirausahaan pada diri mereka, selanjutnya mereka mulai bisa mengenal serta mempraktekkan usaha sesuai dengan hobi dan minat mereka. TED  anggotanya terbuka untuk umum dikelompokkan oleh tingkatan usia.

  1. Pengusaha Muda Dewantara (PEMUDA)

Komunitas Wirausaha Muda level Mahasiswa binaan STIE PGRI Dewantara Jombang, dimana komunitas ini  bertujuan untuk membina pengusaha muda pemula yang sudah menjalankan usahanya di tingkat start up. Pendampingan yang dilakukan oleh tim kewirausahaan STIE PGRI Dewantara Jombang mempunyai peranan yang sangat penting  untuk menjaga konsistensitas mereka dalam  menjalankan usahanya serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya. PEMUDA anggotanya terbuka  untuk umum dalam level mahasiswa.

  1. Mompreneur Hore (MPH)

Komunitas ini beranggotakan wanita wirausaha, ibu rumah tangga, wanita karir binaan STIE PGRI Dewantara Jombang. Pemberdayaan wanita diera globalisasi sekarang ini adalah merupakan prospek yang bagus, mengingat sekarang ini banyak wanita memiliki potensi yang luar biasa. Selain  tuntutan sebagai ibu rumah tangga, mereka banyak yang berperan sebagai wanita karier atau  wanita wirausaha tanpa mengganggu kesibukannya sebagai ibu rumah tangga dalam kegiatan rutinitasnya.

Tim Kewirausahaan STIE PGRI Dewantara Jombang berkomitmen untuk melakukan pembinaan bagi pemberdayaan wanita wirausaha yang beranggotakan wanita yang berkeinginan memulai usaha atau sudah memiliki usaha tanpa dibatasi usia, daerah serta jenis usahanya.

  1. Management Entrepreneur Dewantara of School (MEDS)

Komunitas Binaan STIE PGRI Dewantara Jombang ini beranggotakan guru-guru kewirausahaan yang berkomitmen untuk melakukan kegiatan kewirausahaan di sekolah tempat mereka mengajar. Selama ini yang terjadi proses pembelajaran kewirausahaan hanya disampaikan melalui materi dan teori saja, sehingga hal ini yang memotivasi Tim P2KPK STIE PGRI Dewantara untuk  memberikan pembinaan dan pendampingan bagi guru-guru wirausaha dalam memberikan pengajaran kewirausahaan bagi peserta didik yang ada di sekolah masing-masing dan melakukan praktek langsung kewirausahaan.  Selain itu Tim P2KPK  STIE PGRI Dewantara Jombang juga melakukan pembinaan terhadap sekolah yang ingin mandiri dengan melakukan kegiatan kewirausahaan untuk mendapatkan  sumber penghasilan lain bagi sekolah tersebut, selain uang  SPP atau bantuan dari pemerintah. Sehingga diharapkan sekolah binaan Tim P2KPK tersebut mendapatkan income tambahan untuk memajukan infrastruktural sekolahnya.

Komunitas binaan merupakan prestasi yang luar biasa yang telah dilakukan Tim P2KPK STIE PGRI Dewantara Jombang. Diharapkan dengan adanya komunitas binaan tersebut, STIE PGRI Dewantara Jombang lebih banyak dikenal masyarakat luas sebagai “Kampus Calon e Bos-Bos” (d_peter&Chusnul/PPSI/STIE/2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *