LP4M STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG MEMBERANGKATKAN 341 PESERTA KKN SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK  2019/2020

LP4M STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG MEMBERANGKATKAN 341 PESERTA KKN SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Senin (20/01/20) Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi. Oleh karena itu, KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, asih dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat.

Dalam rangka hal tersebut, STIE PGRI Dewantara Jombang melalui lembaga LP4M nya (Lembaga Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat) memberangkatkan 203 orang mahasiswa dari program studi manajeman dan 138 orang mahasiswa dari program studi akuntansi peserta untuk melaksanakan kegiatan KKN yang dilaksanakan di Kecamatan Perak dan Kecamatan Megaluh.

Dari 431 orang peserta KKN nantinya akan tersebar di beberapa desa di Kecamatan Perak dan Kecamatan Megaluh. Untuk Kecamatan Perak terdiri dari 13 desa yaitu Desa Cangkring Ransu, Desa Gadingmangu, Desa Glagahan, Desa Jantiganggong, Desa Kalang Semanding, Desa Kepuhkajang, Desa Pagerwojo, Desa Perak, Desa Plosogenuk, Desa Sembung, Desa Sukorejo, Desa Sumberagung, dan Desa Temuwulan. Sedangkan Kecamatan Megaluh terdiri dari 13 desa yaitu Desa Balonggemuk, Desa Balongsari, Desa Dukuh Arum, Desa Gongseng, Desa Kedung Rejo, Desa Megaluh, Desa Ngogri, Desa Pacar Peluk, Desa Sidomulyo, Desa Sudimoro, Desa Sumber Agung, Desa Sumbersari, dan  Desa Turi Pinggir.

Upacara pelepasan peserta KKN tahun akademik 2019/2020 ini dipimpin langsung oleh Dr. Abd Rohim, SE, M.Si selaku Kepala LP4M.  Hadir pula dalam acara tersebut Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang beserta jajarannya serta Ketua PPLP. PT. PGRI Jombang beserta jajarannya, dan para dosen pembimbing KKN.   Pemberangkatan ditandai secara simbolis dengan pemakaian jaket KKN oleh Ibu Dra. Yuniep Mujati Suaidah, M.Si didampingi oleh Bapak H. M. Natuwar, Sh, selaku Ketua PPLP. PT. PGRI Jombang.

Dalam sambutannya ibu Ketua mengatakan bahwa KKN merupakan ajang untuk mengimplementasikan dan mendharma baktikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan untuk pengabdian di desa yang berguna bagi warga sekitar. Beliau berpesan agar selama menjalani KKN, selalu menjaga nama baik almamater tercinta, dapat mengatur waktu, menjaga keselamatan diri, menjaga kekompakan, berbuat baik terhadap sesama, tidak membuat keributan dan kerusuhan serta mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai karekter yang dikembangkan kampus STIE PGRI Dewantara Jombang di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut menurut Kepala LP4M,  Bapak Rohim kegiatan KON ini berlangsung sejak tanggal 20 Januari 2020 hingga 17 Februari 2020. Beliau berharap agar kegiatan KKN ini bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan tema KKN tahun ini yaitu “ Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN), STIE PGRI Dewantara Jombang Kita Tingkatkan Pemberdayaan Masuarakat Melalui Pengembangan Inovasi Desa” (d_peter, Il/STIE/PPSI/2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *