MPA BASUNDARA STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG MENGADAKAN PENDAMA 2018

MPA BASUNDARA STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG MENGADAKAN PENDAMA 2018

MPA Basundara STIE PGRI Dewantara Jombang sukses mengadakan pendakian bersama (PENDAMA) 2018 yang merupakan salah satu program kerja unit UKM tersebut periode 2017/2018. Pendakian Bersama tersebut dilaksanakan selama 2 hari (26 – 27 Januari 2018) bertempat di Gunung Penanggungan Mojokerto (1653 mdpl). Berbeda dengan tahun kemarin, di tahun ini kegiatan Pendama hanya diikuti oleh anggota UKM MPA Basundara karena kegiatan ini bertujuan untuk mempererat kekeluargaan antar anggota MPA Basundara STIE PGRI Dewantara Jombang.

Jum’at, 26 Januari 2018 setibanya di Pos 1 (Pos Perijinan) para anggota MPA Basundara berpencar untuk melakukan sosialisasi dengan penduduk setempat guna mendapatkan informasi terkait dengan kondisi gunung Penanggungan saat ini pasca terjadi kebakaran. Pihak perijinan, mengatakan kondisi aman namun cuaca pada saat itu hampir setiap hari hujan. Setelah mengurus administrasi di loket, dilakukan brefing dan do’a bersama sebelum melakukan pendakian.

Dengan mengambil tema “Sendiri Kita Hanya Setetes, Bersama Kita Lautan.”, pendakian ini mengambil jalur Tamiajeng. Sebelum mencapai puncak yang terkenal dengan istilah Pawitra, para pendaki harus melewati 4 (empat ) pos terlebih dahulu. Pada pukul 17.00 WIB para pendaki tiba di puncak bayangan. Mereka bermalam di puncak tersebut dan baru keeseokan harinya dilanjutkan pendakian lagi sampai menuju puncak.

Sabtu, 27 Januari 2018 walaupun kondisi kurang bersahabat, pagi harinya sebagian para pendaki meneruskan pendakiannya dengan penuh semangat. Setibanya di puncak Pawitra mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Syukur. Dilanjutkan dengan foto bersama dan membersihkan coretan di tiang bendera. Setelah itu, para pendaki kembali ke puncak bayangan untuk berkumpul dengan para anggota yang lain dan melakukan persiapan pulang. Dalam perjalanan turun gunung, para anggota MPA Basundara melakukan bersih gunung dengan cara memunguti sampah-sampah yang ada di jalur pendakian. Sore harinya para pendaki sudah sampai di pos perijinan dan diteruskan dengan perjalanan pulang kembali ke kampus STIE PGRI Dewantara Jombang. Semoga pendakian ini memberikan banyak manfaat bagi para pendaki, mengasah diri, pelestarian alam,  dan lebih mengagumi atas keindahan  ciptakan Tuhan YME (d_peter,beny, MPA Basundara/STIE/PPSI/2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *