Penanaman 1000 Pohon

Penanaman 1000 Pohon

Penanaman 1000 pohon oleh mahasiswa dan dosen dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode II Tahun 2014 STIE PGRI Dewantara Jombang. KKN tahun ini dilaksanakan selama 1 bulan dan mengambil sasaran lokasi di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang Jawa Timur. Dengan diikuti oleh sebanyak 150 mahasiswa, para peserta KKN ditempat di 5 desa yaitu Panglungan, Sumberejo, Wonokerto, Carangwulung dan Wonosalam.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman empiris kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung megajarkan kepada mahasiswa cara identifikasi masalah-masalah sosial kerakyatan. Kuliah kerja nyata secara langsung akan menunjukan keterkaitan langsung antara dunia pendidikan dan upaya perwujudan kesejahteraan masyarakat.
Beberapa aspek yang diperhatikan dalam pelaksanaan kuliah kerja nyata adalah yang pertama keterpaduan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pengajaran, penelitan, dan pengabdian pada masyarakat. Yang ke dua adalah pendekatan interdisipliner dan komprehensif yang artinya KKN bertolak dari permasalahan nyata masyarakat yang didekati menggunakan segala ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang susah, sedang, dan atau akan dipelajari. Yang ketiga adalah lintas sektoral, yang keempat dimensi dan luas dan pragmatis, yang kelima adalah ketelibatan masyarakat secara aktif, yang keenam adalah keberlanjutan dan pengembangan, dan yang ketujuh adalah bertumpu pada sumber daya lokal.
Dengan demikian pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini diharapkan mampu untuk mengikuti derap langkah pembangunan yang semakin dinamis untuk meningkatkan sumber daya manusia baik bagi mahasiswa maupun bagi masyarakat dalam pemamfaatan dan pengolahan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Kuliah Kerja Nyara sebagai suatu studi yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat guna mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki oleh setiap mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang untuk selanjutnya dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat.
Adapun tujuan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata sebagai berikut:

  • Sebagai wujud dari oreantasi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat ·
  • Memberi pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat dan pengalaman kerja nyata pembangunan. ·
  • Memberi pengalaman kepada mahasiswa tentang kondisi yang terdapat pada masyarakat dan bagaimana hidup di tengah- tengah masyarakat dengan mengimplementasikan disiplin ilmu yang kita miliki. ·
  • Meningkatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan Pemerintah Kecamatan, pemerintah Desa, dan masyarakat secara langsung.
  • Untuk belajar memahami karakteristik masyarakat pedesaan yang majemuk dengan segala pola hidup masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *