Penandatanganan Kerjasama Antara STIE PGRI Dewantara Jombang dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Jombang

Penandatanganan Kerjasama Antara STIE PGRI Dewantara Jombang dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Jombang

Senin (12/10/2020)  Perguruan tinggi diajak memiliki gerak yang sama dengan pemerintah dalam mendampingi dan memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bertempat di Hall Budi Utomo STIE PGRI Dewantara Jombang, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU=Memorandum of Understanding) antara STIE PGRI Dewantara Jombang dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Jombang. Kerjasama ini dilakukan dalam rangka kemitraan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kapabilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Jombang dalam hal pengelolaan usaha atau bisnis mereka serta pelatihan pengembangan manajemen usaha. Beberapa kegiatan kemitraan antara kedua pihak akan dilakukan, diantaranya adalah dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Manajemen Usaha Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang di Kampus STIE PGRI Dewantara Jombang mulai tanggal 13-17 Oktober 2020.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang, Drs. Muntholip, M.Si, pihaknya merangkul berbagai pihak dalam menjalin kemitraan termasuk dengan STIE PGRI Dewantara Jombang  guna membimbing atau mendampingi para pelaku Usaha Mikro di Kabupaten Jombang .

Rata-rata pelaku UMKM mempunyai kendala dalam hal SDM, permodalan, dan pemasaran. Untuk itu, pelatihan dan pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini harapannya dapat memberikan wawasan dan keterampilan untuk mereka. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jombang untuk lebih bisa adaptif dan tetap bertahan mengikuti perkembangan pasar di masa yang akan datang terutama dalam era digital yang menuntut mereka untuk mempunyai skill dalam hal pemasaran digital (digital marketing).

Di samping itu, Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang dalam sambutannya , juga sangat antusias dan merespon secara positif kegiatan kerjasama ini karena di samping para dosen mengajar di kampus, mereka juga dituntut untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Di samping itu, para mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang juga akan dilibatkan dalam proses pendampingan pelaku UMKM di Kabupaten Jombang ini.

Selain itu diharapkan melalui kerja sama ini nantinya akan lebih mendorong peningkatkan kinerja dan produktifitas para pelaku UMKM melalui pelayanan, pendampingan, dan pembinaan pada peningkatan mutu produk, pemasaran, jejaring kemitraan, dan pemberdayaan komunitas (d_peter, Top, Il/STIE/PPSI/2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *