PERINGATI  HARI BUMI SE-DUNIA (EARTH DAY), UKM MPA BASUNDARA MELAKUKAN PENANAMAN POHON DAN PELATIHAN HIDROPOLIK

PERINGATI  HARI BUMI SE-DUNIA (EARTH DAY), UKM MPA BASUNDARA MELAKUKAN PENANAMAN POHON DAN PELATIHAN HIDROPOLIK

Sabtu (21/04/2018) UKM MPA Basundara STIE PGRI Dewantara Jombang memperingati hari Bumi se-Dunia yang jatuh pada hari minggu tanggal 22 April 2018, dengan mengadakan acara penanaman pohon dan pelatihan hidroponik di lingkungan STIE PGRI Dewantara Jombang. Hari Bumi sendiri digunakan sebagai penanda dalam gerakan peduli lingkungan modern. Hari Bumi diperingati pertama kali pada tahun 1970 dan menjadi sebuah peringatan global tahunan hingga kini.

Dengan mengambil tema “Lindungi Bumi untuk Aset Generasi Masa Depan”, acara ini melibatkan ORMAWA, UKM, serta mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang. Semua ikut berpartisipasi dengan melakukan penanaman pohon di Desa Pandanwangi dan halaman depan kampus STIE PGRI Dewantara Jombang. Turut hadir Bapak  Wenda Christiyanto, SE, MM, selaku Kabag Alumni dan  Kemahasiswaan STIE PGRI Dewantara Jombang ikut mendukung dan berpartisipasi dalam penanaman pohon bersama. Setelah selesai penanaman pohon, dilanjutkan dengan pembagian bibit kepada warga sekitar kampus.

Pelatihan hidroponik diberikan oleh Ibu Titien dari Komunitas Hidroponik Jombang. Dalam penyampaian materinya, beliau menjelaskan tentang arti dari hiidroponik yaitu budidaya menanam dengan memanfaatkan air sebagai media tanam, dan cara penanamannya, serta manfaatnya. Selain memberikan materi, beliau juga memberikan arahan dan praktik langsung membuat hidroponik. Banyak sekali ilmu yang dapat dipelajari dalam pelatihan ini dan sangat bermanfaat bagi para peserta yang ingin menanam banyak sayuran tetapi tidak memiliki lahan yang cukup luas.

Dalam acara ini juga dimeriahkan dengan bazar yang menjual totebag dari kain kanvas sebagai pengganti kantong plastik yang sulit terurai (end plastic pollution). Seperti kita ketahui plastik saat ini menjadi salah satu pencemaran terbesar yang terjadi di dunia. Dengan menggunakan tas dari bahan kanvas berarti kita bisa ikut berpartisipasi mengurangi pencemaran dan menyadarkan orang tentang bahaya polusi plastik dan pentingnya kehidupan yang sehat.

Acara Hari Bumi ini ditutup dengan persembahan musik dari UKM Musik STIE PGRI Dewantara Jombang. Semoga dengan diadakannya acara ini, dapat membuat kita semakin sadar untuk menjaga alam dan sekitarnya khususnya bumi yang kita tinggali. Mari lindungi bumi kita demi aset generasi masa depan nanti (d_peter,Beny,UKM MPA Basundara/STIE/PPSI/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *