sejarah_1380690673_335Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persatuan Guru Republik Indonesia  Dewantara Jombang yang selanjutnya disebut dengan STIE PGRI Dewantara Jombang merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan-Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia Jombang (PPLP-PT PGRI Jombang). STIE PGRI Dewantara Jombang berdiri tanggal 26 Juli 1995 berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas RI Nomor 055/D/O/1995. Perguruan Tinggi ini sejak awal operasi, hanya memiliki satu jenjang pendidikan yaitu Jenjang S-1 yang terdiri dari dua Jurusan/Program Studi yaitu Manajemen dan Akuntansi.

Awal berdirinya STIE PGRI Dewantara Jombang, semula bernama STIE Dewantara tanpa ada nama PGRI. Kemudian pada tahun 2006, nama Perguruan Tinggi ini berubah dengan adanya penambahan nama PGRI di depan nama STIE sehingga menjadi STIE PGRI Dewantara Jombang, dengan bukti Surat Keputusan Nomor 217/D/O/2006, dari Mendiknas RI. Selain daripada itu untuk kegiatan operasional, STIE PGRI Dewantara Jombang juga telah memiliki SK perpanjangan Ijin Operasional dari Dirjen Dikti yang terbaru dengan Nomor 5593/D/T/K-VII/2011 untuk jurusan Manajemen dan SK perpanjangan Ijin Operasional Dirjen Dikti Nomor 5594/D/T/K-VII/2011 untuk jurusan Akuntansi, dan Surat Keputusan tersebut berlaku sampai dengan Agustus 2016.

Secara eksternal, sejak awal tahun 2007 STIE PGRI Dewantara Jombang juga telah mendapatkan pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)  dengan SK Nomor 004/BAN- PT/Ak-X/S1/II/2007. Dan pada awal tahun 2008 dan awal tahun 2010, STIE PGRI Dewantara Jombang termasuk salah satu Perguruan Tinggi yang mendapat Piagam Penghargaan di bidang Tata Kelola dari Kopertis Wilayah VII. Sedangkan pada tahun 2011, STIE PGRI Dewantara Jombang kembali mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kopertis Wilayah VII di bidang Tata Kelola, Kemahasiswaan dan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Begitu juga kepercayaan pemerintah melalui BSNP, telah menunjuk STIE PGRI Dewantara Jombang mulai tahun akademik 2006/2007 sampai dengan 2008/2009 sebagai Koordinator Kabupaten Tim Pemantau Independen (TPI) Ujian Nasional (UN) di wilayah Kabupaten Jombang.

Seluruh kegiatan penyelenggaraan operasional dan proses pembelajaran di STIE PGRI Dewantara Jombang dilakukan di satu lokasi yaitu Jl. Prof. Moh. Yamin No. 77 Jombang. Dan dalam menjalankan aktifitas dan proses penyelenggaraan pendidikan, STIE PGRI Dewantara Jombang selalu mengacu pada visi dan misi serta tujuan institusi. Pencapaian visi dan misi serta tujuan tersebut dilakukan secara bertahap dan dituangkan dalam bentuk Rencana Strategis (Renstra) yang sudah ditetapkan pada kurun waktu tahun 2012-2017.