PROFIL PROGRAM STUDI AKUNTANSI

  • Program Studi : Akuntansi

  • Ketua Program Studi : Agus Taufik Hidayat, SE, M.M

  • Sekretaris Program Studi : Nur Anizah, SE. Ak., MSA

  • Nomor SK Pendirian PS : 055/D/O/1995 (Perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi manajemen dari Dirjen Dikti No. 5994/D/T/K-VII/2011)

  • Status : Terakreditasi B

  • SK Akreditasi Nomor : 1847/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017

Visi Program Studi Akuntansi :
Menjadi pusat pengembangan ilmu yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompentensi di bidang akuntansi yang didukung penguasaan teknologi informasi.

 

Misi Program Studi Akuntansi :
Adapun Misi Program Studi Akuntansi adalah:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dalam bidang akuntansi yang didukung penguasaan di bidang teknologi informasi, sehingga dihasilkan lulusan berkualitas yang berperilaku etis serta mampu berperan positif dalam kehidupan.

  2. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat guna mengembangkan ilmu dibidang Akuntansi yang dapat memenuhi tuntutan masyarakat khususnya dunia usaha

  3. Memberikan pelayanan terbaik bagi civitas akademika dan stakeholder

  4. Melangsungkan kerjasama dengan berbagai pihak sehingga ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki selalu kompeten dan relevan dengan perkembangan.


Tujuan Program Studi Akuntansi :

Tujuan Program Studi Akuntansi STIE PGRI Dewantara Jombang adalah:

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas dibidang Akuntansi, professional, berperilaku etis, mempunyai wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja, serta mampu menyesuaikan dan mengembangkan diri dengan berbagai situasi dan perubahan

  2. Menghasilkan penelitian dibidang Akuntansi yang bermanfaat untuk pengembangan di bidang ilmu pengetahuan maupun pemecahan masalah di bidang Akuntansi.

  3. Mampu memberdayakan masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu Akuntansi.


Perkembangan Program Studi Akuntansi Saat Ini

  • Mahasiswa Program Studi Akuntansi terus menunjukkan peningkatan yang signifikan secara kuantitas maupun kualitas. Mahasiswa akuntansi berasal dari input berbagai Sekolah Menengah Atas. Jumlah Alumni Program Studi Akuntansi, tersebar di berbagai jenis bidang usaha, baik pemerintahan, swasta, dan yang lainnya. Jaringan alumni yang luas ini diharapkan dapat membantu pengembangan Program Studi Akuntansi dan kerjasama diantara alumni itu sendiri.

  • Dengan dukungan sumber daya manusianya, Program Studi Akuntansi telah melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai misinya; salah satunya adalah revisi kurikulum pendidikan sesuai dengan perkembangan kondisi yang ada. Kurikulum baru tersebut lebih banyak menekankan pada aspek teknologi informasi, keuangan, komunikasi, dan lebih menyelaraskan dengan minat mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya mata kuliah pilihan yang ditawarkan.