SEBAGAI BENTUK MEMUTUS MATA RANTAI PERSEBARAN COVID-29,  STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG GELAR  VIRTUL WISUDA KE XVII TAHUN 2020

SEBAGAI BENTUK MEMUTUS MATA RANTAI PERSEBARAN COVID-29, STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG GELAR VIRTUL WISUDA KE XVII TAHUN 2020

Sabtu (23/01/2021) Di Hall Budi Utomo STIE PGRI Dewantara Jombang, sebanyak 300 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) PGRI Dewantara Jombang, terdiri dari  166 wisudawan dari prodi manajemen dan 134 wisudawan dari prodi akuntansi, diwisuda secara daring dan secara simbolis oleh Dra Yuniep Mujati Suaidah M.Si, selaku Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang.

Dengan menerapkan protokol kesehatan,  prosesi wisuda  ini digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom dan disiarkan melalui live streaming chanel youtube, sebagai imbas pandemi Covid-19 yang menyebabkan transformasi dunia Pendidikan. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua PPLP. PT. PGRI Jombang, beserta jajarannya, Ketua STKIP PGRI Jombang beseta jajarannnya, perwakilan dosen dari prodi manajemen dan prodi akuntansi, wisudawan terbaik baik dari prodi manajemen maupun dari prodi akuntansi beserta kedua orang tuanya, wisudawan pembaca panca prasetya, dan perwakilan wisudawan yang menyampaikan sambutan, serta  perwakilan Ormawa STIE PGRI Dewantara Jombang

Bupati Jombang, dalam sambutan mengucapakan selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati atas keberhasilan menyelesaikan pendidikan  di STIE PGRI Jombang. Semoga kesehatan dan kesuksesan menyertai wisudawan dan wisudawati.

“Saya berharap wisuda dilaksanakan dengan penuh khitmat. Saya meyakini, apapun yang terjadi di muka bumi ini pasti ada hikmahnya, “ ujar beliau.

Dalam sambutannya Ibu Ketua menyampaikan laporan kinerja STIE PGRI Dewantara Jombang sebagai bentuk akuntabilitas Kampus terhadap stakeholder khususnya para orang tua.

Berdasarkan hasil tracer study tahun 2020, masa tunggu lulusan untuk mendapat pekerjaan rata – rata 1 bulan karena bidang pekerjaan yang di tempati lulusan STIE PGRI Dewantara Jombang diantaranya BUMN/BUMD, Jasa Keuangan, Manajemen Lembaga Pendidikan, Wirausaha, Industri/perusahaan, Instansi Pemerintah,  Lembaga Social dan lainnya. Sedangkan sebaran alumni berdasar tempat bekerja diantaranya sebanyak 49% local (dalam kota), Nasional 44%, dan  Multinasional 7%.

Sedangkan penguatan Kelembagaan yakni Prodi Akuntansi terakreditasi B, Prodi Manajemen terakreditasi B dan Institusi terakreditasi B. Untuk penilaian Cluster Perguruan Tinggi se Indonesia STIE PGRI Dewantara Jombang masuk pada Cluster 4 dan peringkat 382 dari 3000 lebih Perguruan Tinggi di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa STIE PGRI  Dewantara Jombang merupakan Perguruan Tinggi yang berdaya saing nasional.

“Untuk meningkatkan pendidikan dosen, Tiap tahun rata-rata dosen yang berangkat studi lanjut (S3) 2 orang dosen, demikian pula yang lulus rata 2 orang dosen per tahun karena STIE PGRI Dewantara jombang baru memiliki 2 prodi,” terangnya.

Di penelitian/publikasi, pada tahun 2020 terdapat 4 orang dosen yang publikasi internasional terindeks Q1,Q2 dan Q3 atau sebanyak 12 % selebihnya 88% masih di shinta 1,2,3,4,5,6. Buku ajar/referensi ber ISBN sebanyak 6 dosen dan 6 judul atau 18 % dari seluruh dosen tetap. Selain itu satu Modul Sekolah BUMDes yang disusun oleh tim dan sudah diserahkan kepada Kementerian Desa.

Selain itu, Dosen STIE PGRI Dewantara Jombang juga mengikuti International Call for Paper sebagai presenter, sebanyak 16 orang yang terdiri dari 1 orang dosen sebagai presenter di Competitive Asia Afrika Govermental Accounting, 14 dosen sebagai presenter di Annual Conference on Social Sciences to Support Community dan 1 dosen sebagai presenter international Annual Symposium On Management di Vietnam serta Hibah penelitian, satu dosen mendapat hibah PDP.

Pendanaan workshop penulisan artikel bereputasi dari Dikti sebanyak 3 orang dosen.Pembelajaran, STIE PGRI Dewantara Jombang menggunakan Learning Manajemen System (ESITA DEWA) disamping fasilitas pembelajaran lain yang dilakukan secara daring Juga Tergabung dalam Massiv Open Online Course (MOOC) PGRI seluruh Indonesia.

“STIE PGRI Dewantara Jombang juga mendapat prestasi kerjasama,Tahun 2020 terdapat pengembangan kerjasama dengan Beberapa Industri local dan nasional, Pemerintah Daerah (Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa /DPMD, Dinas Tenaga Kerja, serta bidang perekonomian kabupaten jombang), untuk Kerjasama luar negeri tahun ini tidak menambah tapi Melaksanakan dari Kerjasama yg sudah ada secara daring yaitu Webinar daring dengan Taiwan Shofu University,” jelas Ibu Ketua.

Selain itu STIE PGRI Dewantara Jombang juga mendapatkan prestasi kemahasiswaan bidang Olah Raga diantaranya Juara 3 Nasional karate se Jawa di Bali UJWALA IV CUP, Juara I Pencak Silat Nasional Piala Rektor III UNISULA. Bidang Penalaran juara 4 kompetisi mahasiswa Nasional bidang Ilmu Bisnis, Managemen dan Keuangan (KBMK), Juara nasional ke 4 analisis Kasus Keuangan Audit Investigative (KBMK), Juara I Nasional Olimpiade Akuntansi Syariah, Juara Juara Nasional II lomba Tax Competition Universitas Marwa Dewa Bali. Bidang Seni, juara paduan suara di Universitas Negeri Yogyakarta kategori Bronz Medal. Prestasi Institusi sebagai penyelenggara Sekolah BUMDes pertama di Indonesia dan sudah dihadiri Menteri Desa PDTT (Dr. HC. Halim Iskandar, MPd).

Diakhir sambutannya Yuniep menyampaikan, kelulusan saat ini bukan berarti telah putus hubungan dengan STIE PGRI Dewantara Jombang. “Bergabunglah dengan Ikatan Alumni Dewantara (IKADEWA), agar saudara dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan almamater tercinta. Mudah mudahan saudara dapat memberikan manfaat baik bagi lingkungan kerja dan masyarakat sekitar,” ujar beliau. (d_peter, Top, Il/STIE/PPSI/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *