SHOLAT IDUL ADHA 1438 H DAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN DI STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG

SHOLAT IDUL ADHA 1438 H DAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN DI STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG

Jum’at 1 September 2017 bertempat di Mushola dan halaman STIE PGRI Dewantara Jombang, keluarga besar STIE PGRI Dewantara Jombang melaksanakan sholat Idul Adha 1438 H dengan penuh kekhusukan dan khidmat. Bertindak sebagai khotib Beni Sucipto mantan Ketua Center of Islamic (COIS) STIE PGRI Dewantara Jombang dan sebagai imam Bapak  Agus Taufik Hidayat, SE, MM. Jamaah sholat Idul Adha terdiri dari jajaran pimpinan, para dosen, staff, mahasiswa, dan masyarakat sekitar.

Dalam khotbahnya Beni Sucipto menyampaikan bahwa Umat Islam diajarkan keikhlasan dalam menunaikan kewajiban menjalankan perintah Allah SWT. Ibadah kurban adalah ibadah yang berawal dari sejarah ketika Nabi Ibrahim mendapatkan perintah untuk mengorbankan putranya, Ismail, dengan cara disembelih. Berbekal keimanan yang tinggi, Nabi Ibrahim pun melaksanakan perintah yang disampaikan Allah melalui sebuah mimpi. Namun, sebelum Nabi Ibrahim menyembelih Ismail, malaikat membawa seekor kambing dari surga sebagai ganti untuk disembelih.

Beni Sucipto mengatakan, apa yang dilakukan nabi Ibrahim adalah bentuk keikhlasan terhadap perintah Allah SWT. Dari sejarah inilah umat Islam diperintahkan untuk menyembelih hewan kurban yang pada hakikatnya merupakan sebuah ibadah untuk mengingatkan kita semua untuk kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah.

Sementara itu, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan setelah sholat Idul Adha di halaman timur STIE PGRI Dewantara Jombang. Pada qurban kali ini STIE PGRI Dewantara Jombang menyembelih 4 ekor kambing. Diharapkan dengan penyembelihan hewan kurban yang dagingnya diberikan kepada warga sekitar kampus dan keluarga besar STIE PGRI Dewantara Jombang semakin menambah keimanan dan  kesadaran akan kesetiakawanan sosial antar umat beragama serta dapat meningkatkan silaturahmi, kebersamaan, kerja sama dan saling mendukung terutama untuk kemajuan kampus STIE PGRI Dewantara tercinta (d_peter&top/STIE/PPSI/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *