STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG ADAKAN SOSIALISASI DAN PELATIHAN SISTEM PEMBELAJARAN  DALAM JARINGAN (SPADA) BAGI DOSEN

STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG ADAKAN SOSIALISASI DAN PELATIHAN SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (SPADA) BAGI DOSEN

Kamis (20/02/20) Menghadapi era Revolusi Industri 4.0, pemerintah akan mendorong penggunaan metode e-lerarning dalam sistem pembelajaran di perguruan tinggi. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menargetkan penerapan perkuliahan daring atau e-learning di perguruan tinggi bisa dilaksanakan pada 2018. Untuk itu STIE PGRI Dewantara Jombang mengadakan pelatihan sistem pembelajaran dalam jaringan (spada) atau e-learning bagi para dosen pengampu mata kuliah di lingkungan STIE PGRI Dewantara Jombang.

Pelatihan  yang berlangsung di Hall Budi Utomo STIE PGRI Dewantara Jombang ini menghadirkan pembicara Bapak Nur Ali, SE, MM. Dalam kegiatan tersebut para dosen diperkenalkan bagaimana cara penerapan kelas online serta mengupload bahan ajar.. Metode ini diharapkan dapat membantu dosen dalam menerapkan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, dimana dengan menggunakan metode ini dosen lebih gampang dalam memberikan materi maupun tugas walaupun tidak bertatap muka secara langsung. Sistem pembelajaran dapat dilakukan  dengan memanfaatkan teknologi internet melalui komputer, laptop maupun handphone. Apalagi di kampus STIE PGRI Dewantara Jombang  telah disediakan fasilitas Wifi sehingga lebih mendukung penerapan dari metode pembelajaran elearning ini. Dalam kesempatan ini para dosen juga langsung praktek dengan mengunakan sistem moodle.

E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Dengan pemanfaatan e-learning telah mempersingkat waktu pembelajaan dan membuat biaya studi lebih ekonomis. E-learning mempermudah interaksi antara mahasiswa dengan bahan/materi, mahasiswa dengan dosen maupun sesama mahasiswa. Karakteristik e-learning adalah dengan memanfaatkan teknologi Informasi dan keunggulannnya, menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) . Bahan ajar tersebut disimpan di komputer sehingga dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa kapan saja dan dimana saja, serta dapat memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan administrasi pendidikan  dapat dilihat setiap saat di computer.

Semoga dengan penerapan e-learning ini mampu menunjukkan peran internet di dunia pendidikan serta dapat meningkatkan sistem manajemen pembelajaran yang lebih baik, serta memudahkan interaksi antara dosen dan mahasiswa di lingkungan kampus tercinta STIE PGRI Dewantara Jombang (d_peter, Ilh/STIE/PPSI/2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *