STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG ADAKAN WORKSHOP KLINIK PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA TAHUN 2019

STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG ADAKAN WORKSHOP KLINIK PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA TAHUN 2019

Kamis (28/11/2019) Bagian Alumni dan Kemahasiswaan STIE PGRI Dewantara Jombang menyelenggarakan Kinik Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2019. Kegiatan yang   diikuti oleh para dosen dan mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang diharapkan dengan mengikuti workshop ini  para peserta dapat memahami sistematika penulisan dalam pembuatan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), sehingga dapat lolos dan mendapatkan pendanaan dari Kemenrisdikti melalui proposal yang akan mereka ajukan sebagai pendanaan program mahasiswa.

Kegiatan yang berlangsung di Hall Budi Utomo STIE PGRI Dewantara Jombang ini dibuka oleh Ibu Dra. Yuniep Mujati Suaidah, M.Si , selaku Ketua STIE PGRI Dewantara Jombang. Dalam sambutannya beliau mengemukakan bahwa PKM merupakan salah satu program kegiatan pembinaan kemahasiswaa di bidang penalaran dan kreativitas. STIE PGRI Dewantara Jombang terus berusaha meningkatkan kuantitas dan kualitas proposal PKM yang dikirim, baik melalui workshop yang diselenggarakan baik bagi dosen dan mahasiswa. Beliau berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan pengarahan dan pembinaan kepada mahasiswa, para reviewer, para pembimbing serta sekaligus memberikan kesempatan kepada mahasiswa utuk  memperbaiki proposal dan diskusi langsung dengan reviewer, sehingga nantinya akan menghasilkan proposal yang layak dan baik dan dapat diterima di tingkat nasional.

Untuk memotivasi mahasiswa dalam PKM tahun ini, dalam workshop ini menghadirkan pembicara yaitu Dr. drh. Cicilia Novi Primiani, M.Pd, seorang reviewer nasional Program Kreativitas Mahasiswa sekaligus dosen Universitas PGRI Madiun. Dalam acara tersebut selain memaparkan gambaran sistematika kepenulisan, beliau juga memberikan kesempatan bagi mahasiwa untuk tanya jawab sekaligus sharing terkait tips dan trik lolos seleksi PKM.  Hal yang terpenting dalam penulisan proposal PKM bahwa tulisan harus sesuai dengan format yang telah ditetapkan yakni dengan sering membaca buku panduan PKM, serta judul harus semenarik mungkin. Seusai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan klinik proposal. Sesi ini untuk memberi masukan kepada peserta secara teknis agar proposal lulus seleksi dan bisa didanai oleh kemenristekdikti. Setelah direview, kekurangan yang ditemukan, segera diperbaiki sesuai arahan reviewer.

Dengan diadakannya workshop ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam mengikuti seleksi Poposal Program Kreativitras Mahasiswa tahun 2019 dan diharapkan jumlah proposal yang diterima di tingkat nasional lebih banyak dari tahun sebelumnya. (d_peter, top/STIE/PPSI/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *