STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG BEKERJA SAMA DENGAN PPIT WUHAN GELAR SOSIALISASI BEASISWA CHINESE GOVERNMENT

STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG BEKERJA SAMA DENGAN PPIT WUHAN GELAR SOSIALISASI BEASISWA CHINESE GOVERNMENT

Rabu (24/7/2019) Falsafah “Carilah ilmu sampai ke negeri China”, bercermin dari motto tersebut, STIE PGRI Dewantara Jombang bekerjasama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok cabang Wuhan (PPIT-WUHAN) mengadakan Sosialisasi Beasiswa Chinese Government. Sosialisasi yang terbuka untuk umum ini tidak hanya dihadiri dari mahasiswa intern STIE PGRI Dewantara Jombang  saja tetapi para pelajar lain di wilayah Jombang dan sekitarnya yang berminat untuk melanjutkan study ke negeri China.

Bertempat di Hall Budi Utomo STIE PGRI Dewantara Jombang, acara dibuka tepat pada pukul 08.30 oleh Wakil Ketua I STIE PGRI Dewantara Jombang, Ibu Erminati Pancaningrum, ST, MM. Dalam sambutannya, beliau berharap acara ini bisa bermanfaat bagi para pelajar di Indonesia khususnya mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang  dalam mengakses peluang beasiswa studi ke Tiongkok

Seminar ini menghadirkan dua pembicara mahasiswa S3 Huazhong University of Science and Technology, Bapak Khoirul Umam Hasbiy, SE, MSA, Ak, CA, ACPA dan mahasiswi S3 China Central Normal University, Ibu Yam Saroh, M.Pd. Dalam pemaparannya sebagai pemateri pertama, Bapak Umam menjelaskan tentang kehidupan di Tiongkok. Mulai dari makanan, Biaya hidup murah apabila di bandingkan dengan kota kota besar lainya seperti: Shanghai, Beijing, dan Guangzhou, transportasi yangmemiliki harga terjangkau, nyaman , cepat dan mudah untuk di akses, sistem pembayaran yang serba cashless dan canggih, bagaimana kehidupan di kampus serta bagaimana cara bergaul dengan masyarakat lokal. Semuanya dijelaskan secara rinci. Bahkan, bagi mahasiswa yang beragama Islam, tidak perlu khawatir untuk menemukan makanan halal.

Lebih lanjut Ibu Saroh menambahkan gambaran singkat pelajar asing disana. Beliau menjelaskan program beasiswa China Government Scholarship oleh institusi China Scholarship Council (CSC). “Jenis beasiswa dari program itu antara lain melaluiprogram kejasama Bilateral Indonesia-Tiongkok (Chinese Embassy), program AUN (ASEAN University Network), program Chinese University Scholarship dan masih banyak lainnya. Data tahun 2018 menunjukkan jumlah mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di wilayah kerja PPIT Wulan sebanyak 350 mahasiswa, dimana terdiri dari mahasiswa Doctoral, Master, Bachelor dan Bahasa.

Antusisasme akan seminar ini cukup tinggi. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada kedua pemateri tersebut seputar beasiswa ke Tiongkok. Sesi tanya jawab tersebut sekaligus menutup acara sosialisasi tersebut (d_peter, Top, Il/STIE/PGRI/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *