STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG DAN KURIKULUM BERBASIS KKNI

STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG DAN KURIKULUM BERBASIS KKNI

Jombang, 11 Maret 2015. STIE PGRI Dewantara Jombang bersikap hati-hati dalam rangka Menyesuaikan dan melaksanakan Permendikbud N0. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan  N0. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Peraturan tersebut memberikan konsekuensi Perguruan Tinggi untuk mengevaluasi kembali apakah capaian pembelajaran setiap program studi yang dimiliki telah sesuai dengan level dan rumusan dari KKNI. STIE PGRI Dewantara Jombang sekaligus dalam rangkaian kegiatan rekonstruksi kurikulum telah mulai melakukan langkah-langkah yang diawali dengan penyesuaian rumusan capaian pembelajaran prodi sesuai level dan rumusan dalam  KKNI.
Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan antara lain Rapat Perencanaan Rekonstruksi Kurikulum yang telah dilakukan pada tgl. 19, 26 dan 28 Pebruari 2014; mengirim Ka prodi Akuntansi Lina Nasihatun N., SE., mengikuti seminar KKNI dan Kurikulum Akuntansi Keuangan (8 Mei 2014, di Surabaya), mengikuti Workshop Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi berdasarkan KKNI (13 Agustus 2014) yang dihadiri oleh Sekretaris Prodi Manajemen dan Akuntansi Ratna D.J., SE., MM dan NurAnisah, S.E., MSA., Ak.; Menghadiri workshop sosialisasi penerapan KKNI pada 08 November 2014 di KopertisWil. VII Surabaya yang dihadiri Puket 1, Dr. SitiZuhroh, M.Si. (6 November 2014); mengikuti workshop kurikulum berbasis KKNI prodi manajemen di Surabaya yang dihadiri oleh Kaprodi Manajemen (17 Januari 2015); Temu Alumni “gathering and sharing” dalam rangka menyusun profil lulusan (22 Januari 2015); Diskusi dosen serumpun prodi Akuntansi dan Manajemen dengan menghadirkan Andriya Rosdwiyanto SE., M.Si. dari Indonesia Marketing Assocaiation  (31 Januari 2015);  serta Diskusi dengan stakeholder dalam rangka penyusunan profil lulusan dengan menghadirkan Ketua Forum Human Resources Development (HRD) Jombang dan pihak Pengguna lulusan dari Manajer HRD Mentari Toys International (18 Pebruari 2015).
Rangkaian kegiatan di atas merupakan wujud dari prinsip kehati-hatian yang menjadi landasan penting sehingga diharapkan nanti mampu menyusun rumusan capaian pembelajaran prodi dan kurikulum Manajemen dan Akuntansi berbasis KKNI sesuai dengan kebutuhan stakeholder terkini.
Bismillahirrohmanirrohim, semoga perumusan capaian pembelajaran dan penyusunan kurikulum berbasis KKNI dapat selesai dan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan yang akan diberlakukan pada semester gasal 2015/2016. Amiiinn. (stz).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *