UKM COIS (CENTER OF ISLAMIC STUDY) GELAR KAJIAN ISLAM KE-2

UKM COIS (CENTER OF ISLAMIC STUDY) GELAR KAJIAN ISLAM KE-2

UKM Center Of Islamic Study (COIS)  STIE PGRI Dewantara Jombang   kembali mengadakan Kajian Islam Ke-2 pada Sabtu (8/12/2018). Acara rutin yang diadakan di Mushola STIE PGRI Dewantara Jombang ini mengambil tema “Semangat Meneguhkan Nilai Syariat Islam Demi Tercapainya Masa Depan Yang Gemilang”. Acara dilaksanakan tepat pada pukul 15.45 WIB  dan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan sambutan dari Ketua Pelaksana Kajian Islam. Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Ormawa dan UKM STIE PGRI Dewantara Jombang, anggota COIS, serta mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang. Mauidhoh hasanah kali ini disampaikan oleh Bapak Agus Taufik Hidayat, SE, MM yang membahas masalah Fiqih Muamalah.

Bapak Agus menyampaikan bahwa fiqih muamalah menerapkan prinsip syariah yang bersikap adil.  Dalam melaksanakan prinsip ekonomi syariah kita harus mempelajari 4 (empat) hal yang penting yaitu yang pertama Rabbaniyah (Ketuhanan) yaitu bertujuan mencari Ridha Allah dan caranya tidak bertentangan dengan syariat-Nya. Kedua tentang  Akhlak yaitu menentukan baik dan buruk yang mempengaruhi kegiatan ekonomi. Ketiga tentang Kemanusiaan yaitu manusia melakukan kegiatan ekonomi dengan batasan syariah. Dan yang terakhir yaitu  Pertengahan , dimana dalam  ekonomi Islam tidak ada tempat untuk ekstrimitas, kapitalis maupun sosialis.

Acara dilanjutkan dengan  sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias memberikan beberapa pertanyaan kepada pemateri. Acara kajian islam ini berakhir pada pukul 17.30 WIB dan  di tutup dengan doa bersama. Semoga di agenda selanjutnya, Kajian Islam dapat diselenggarakan jauh lebih menarik dan bermanfaat untuk umat Islam terutama mahasiswa STIE  PGRI Dewantara Jombang (d_peter, Beny, COIS/STIE/PPSI/2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *