UKM PRAMUKA RACANA KI HAJAR DEWANTARA SUKSES ADAKAN PENERIMAAN ANGGOTA RACANA (PAR)

UKM PRAMUKA RACANA KI HAJAR DEWANTARA SUKSES ADAKAN PENERIMAAN ANGGOTA RACANA (PAR)

Jum’at  (14/02/2020) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana Ki Hajar Dewantara – Rasuna Said Gugus Depan Jombang 02.273-02.274 pangkalan STIE PGRI Dewantara Jombang sukses menyenggarakan kegiatan Penerimaan Anggota Racana (PAR). Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan anggota Racana menjadi anggota yang berkarakter dan dapat meningkatkan pengetahuan dalam pengamalan dasa dharma.

Dengan mengusung tema “Meningkatkan Karakter dan Pengetahuan dalam Bingkai Praja Muda Karana” yang mempunyai makna “para generasi muda bisa menjadi generasi yang  berkarakter dan dapat meningkatkan pengetahuan dalam pengamalan Dasa Dharma”, kegiatan ini diikuti oleh seluruh calon anggota Pramuka STIE PGRI Dewantara. PAR dibuka dengan upacara adat yang dipimpin oleh Kakak M. Faisal Akbari selaku pemangku adat pada pukul 11.00 WIB. Dalam acara tersebut Kakak Nissa Rahmawati, SE mewakili pihak lembaga dalam sambutannya memberikan selamat kepada kakak – kakak yang sudah diterima menjadi anggota Racana dan semoga dapat mengamalkan dasa dharma.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai motivasi yang disampaikan oleh perwakilan dari pengurus dan materi penanggulangan bencana yang disampaikan  oleh BPBD. Acara dilanjutkan dengan upacara api unggun dan sharing suka duka dalam mengikuti kegiatan Pramuka. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin keakraban antar sesama anggota Racana .

Sabtu (15/02/2020) Pada pukul jam 02.00 pagi peserta dibangunkan untuk melakukan giat malam.  Dalam giat malam tersebut para peserta diberi waktu untuk membangun tenda mereka masing – masing secara bersama-sama.  Dilanjutkan dengan  giat pribadi dan  senam pagi bersama-sama. Setelah itu acara berlanjut dengan pemberian beberapa materi. Materi pertama tentang kepramukaan, dimana  panitia memberikan clue atau petunjuk untuk peserta dan para  peserta diharuskan mencari petunjuk itu disekitar bumi perkemahan dan mempresentasikan hasil dari petunjuk – petunjuk itu. Materi kedua yaitu materi

tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh KDR Putra – Putri. Setelah pemberian materi acara diselingi dengan games untuk memeriahkan acara yaitu seperti games 1+1+1, games bergandengan tangan dengan membentuk lingkaran besar dan kecil, serta games tali jodoh dengan mengambil peserta laki – laki dan perempuan.

Malam harinya sekitar jam 19.00 ada pentas seni yang dibuka dengan penampilan remo yang diikuti oleh Pengurus Inti UKM Pramuka. Dalam pentas seni tersebut,  setiap reka maju secara acak untuk memberikan penampilan terbaik mereka juga penampilan dari perwakilan kakak DPM serta diakhiri dengan joget bersama.

Minggu (16/02/2020) pagi harinya  diadakan senam pagi dan  dilanjutkan dengan penjelajahan. Dalam penjelajahan harus melewati  5 pos dimana di setiap pos, para peserta diberi tantangan yang berbeda – beda. Acara penerimaan anggota racana (PAR) berakhir pada pukul 13.15 WIB dan ditutup dengan upacara penutupan. Semoga dengan di adakan Penerimaan Anggota Racana dapat meningkatkan karakter dan pengetahuan anggota Racana dalam bingkai Praja Muda Karana (d_peter, Beny, UKM Pramuka/STIE/PPSI/2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *