UKM PRAMUKA RACANA KI HAJAR DEWANTARA SUKSES GELAR ORIENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN (OPK) TAHUN 2019

UKM PRAMUKA RACANA KI HAJAR DEWANTARA SUKSES GELAR ORIENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN (OPK) TAHUN 2019

Sabtu  (16/11/2019) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana Ki Hajar Dewantara – Rasuna Said Gugus Depan Jombang 02.273-02.274 pangkalan STIE PGRI Dewantara Jombang sukses menyenggarakan kegiatan Orientasi Pendidikan Kepramukaan (OPK) Tahun 2019. Kegiatan ini diselenggarakan  dengan tujuan untuk memberikan pendidikan awal di lingkup kampus dan  memberikan pendidikan mental antara sesama anggota Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang.

Dengan mengambil tema “Menjadikan anggota pramuka yang berkarakter dan mempunyai jiwa leadership” yang mempunyai makna agar para generasi muda bisa menjadi generasi yang  berkarakter dan memiliki jiwa kepemimpinan dalam organisasi,   kegiatan ini diikuti oleh seluruh calon anggota Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang.

Orientasi yang dimulai pada pukul 15.30 WIB ini dibuka dengan upacara adat oleh Kakak Wenda Wahyu C, SE, M.M selaku perwakilan dari pihak  lembaga sekaligus Pembina Pramuka STIE PGRI Dewantara. Dalam sambutannya Kakak Wenda memberikan pesan mengenai pentingnya mengikuti organisasi terutama di kalangan Mahasiswa.  Beliau juga menjelaskan tentang beberapa pengetahuan dasar kepramukaan, seperti apa itu pramuka serta kode etik pramuka.

Acara dilanjutkan dengan Tes Materi Kepramukaan. Selanjutnya para peserta mengikuti beberapa  materi mengenai Pramuka , antara lain  materi sejarah dan adat racana Ki Hajar Dewantara serta Rasuna Said yang disampaikan oleh Kak Faisal dan Kak Titania selaku Pemangku Adat . Acara hari itu ditutup dengan  acara giat malam yang bertujuan untuk membentuk karakter agar memiliki jiwa leadership sebagai peserta

Keesokan harinya (Minggu, 17/11/2019) acara Orientasi Pendidikan Kepramukaan (OPK) Tahun 2019  ditutup dengan apel penutupan pada pukul 07.30 WIB. Semoga dengan di adakan Orientasi Pendidikan Kepramukaan (OPK) ini para peserta lebih mendalami serta lebih mengenal mengenai UKM Pramuka sehingga menjadikan mereka sebagai anggota pramuka yang mempunyai karakter serta  mempunyai jiwa leadership demi kemajuan UKM Pramuka Racana Ki Hajar Dewantara – Rasuna Said Gugus Depan Jombang 02.273-02.274 pangkalan STIE PGRI Dewantara Jombang  di masa mendatang. (d_peter, Beny, UKM Pramuka/STIE/PPSI/2019)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *