UKM PRAMUKA STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG SUKSES MENGADAKAN  PENERIMAAN ANGGOTA RACANA (PAR)

UKM PRAMUKA STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG SUKSES MENGADAKAN PENERIMAAN ANGGOTA RACANA (PAR)

STIE PGRI Dewantara Jombang sukses mengadakan Penerimaan Anggota Racana (PAR). Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari (3-4/3/2018) ini dilaksanakan dalam rangka pengukuhan anggota Racana Ki Hajar Dewantara – Rasuna Said dan tempuh bet racana. Secara keseluruhan kegiatan PAR lebih menitikberatkan kepada pembentukan kepribadian peserta yang berjiwa kreatif, pemberani, pantang menyerah, dan menggunakan akal pikiran dalam menghadapi segala rintangan serta menjadikan peserta lebih sigap dalam menjalankan tanggung jawab yang lebih besar.

Sabtu (3/3/2018) pukul 14.00 WIB diadakan apel pembukaan yang diikuti oleh 148 peserta.  Dengan mengambil tema : “Wujudkan Karakter Patriotisme Melalui Gerakan Pramuka”, dilanjutkan dengan pembagian kelompok yang diambil secara acak oleh beberapa reka yang ada. Setelah beberapa kelompok terbentuk akhirnya dilakukan giat utama yaitu penjelajahan yang mana setiap kelompok diberi tanggung jawab menyelesaikan tiap misi yang ada di beberapa pos jaga dengan di damping kakak-kakak panitia. Sebelum pemberangkatan para peserta diberi petunjuk awal berupa kalimat perintah sandi kotak dan morse. Setelah kegiatan penjelajahan dilanjutkan dengan tempuh bet racana yang mana semua peserta wajib menemukan kertas putih yang berstample logo racana Ki Hajar Dewantara – Rasuna Said dengan waktu yang sudah ditentukan.

Malam harinya dilanjutkan dengan pensi dari semua reka, ada yang membawakan beberapa lagu, drama, dan atraksi singkat lainnya.

Minggu (4/3/2018) pukul 02.00 WIB para peserta digiring menuju lapangan  dan diuji nyalinya dengan memegang cacing hidup. Dan permainan lainnya yang dilakukan untuk menguji indera perasa dan peraba masing-masing peserta.

Kegiatan PAR ditutup dengan senam pagi bersama pembina UKM Pramuka di STIE PGRI Dewantara Jombang dan dilanjutkan dengan apel penutupan yang secara langsung pembina mengesahkan bahwa mereka resmi menjadi anggota racana Ki Hajar Dewantara – Rasuna Said. Selesai kegiatan ini diharapkan mereka dapat memegang tanggung jawab yang lebih besar serta dapat menggalang dan memupuk rasa persaudaraan yang lebih kuat sesama anggota. (d_peter,beny,UKM Pramuka/STIE/PPSI/2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *