UKM PRAMUKA STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG SUKSES MENGADAKAN PENERIMAAN TAMU RACANA (PTR) DI WONOSALAM JOMBANG

UKM PRAMUKA STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG SUKSES MENGADAKAN PENERIMAAN TAMU RACANA (PTR) DI WONOSALAM JOMBANG

UKM Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang mengadakan kegiatan Penerimaan Tamu Racana (PTR) bagi seorang penegak yang sudah waktunya untuk dinaikkan tingkat ke racana atau seorang baru dari luar menyatakan keinginannya untuk masuk menjadi anggota racana.

Dengan mengusung tema : “Meningkatkan Kemandirian, dan Kedisiplinan Anggota Pramuka yang Berkarakter Sesuai dengan Dasa Dharma dan Tri Satya”, kegiatan Penerimaan Tamu Racana (PTR) diadakan di Bumi Perkemahan Wisata Lembah Giri Center Wonosalam selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 12 – 14 Januari 2018.

Jum’at, 12 Januari 2018 diadakan upacara pembukaan Penerimaan Tamu Racana (PTR) tahun bakti 2017/2018 yang diikuti kurang lebih 180 orang peserta. Hadir dalam pembukaan kegiatan, Kakak Wenda Wahyu Christiyanto, SE, MM, selaku Pembina Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang . Dalam sambutannya Kak Wenda mengatakan bahwa kegiatan PTR ini merupakan langkah awal bagi para mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang yang ingin bergabung menjadi anggota Racana sehingga nantinya diharapkan akan melahirkan pramuka-pramuka yang mampu memandu diri, agama, bangsa, serta negara.

Di hari yang sama malam harinya setelah sholat Isya diadakan materi dinamika kelompok yang dipimpin oleh Kak Wenda. Dilanjutkan dengan meteri Kepandegaan dan Game  yang dipimpin oleh Kak Irfan yang merupakan kakak senior di UKM Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang.

Keesokan harinya (Sabtu, 13 Januari 2018) pukul 02.45 – 04.30 para peserta perkemahan mengikuti latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh pemateri dewan pramuka dibantu oleh UKM Menwa STIE PGRI Dewantara Jombang, Dilanjutkan dengan senam bersama, penerapan materi serta saling bertukar ilmu antar kelompok reka. Acara ditutup dengan latihan PBB tongkat dan lomba memasak.

Malam harinya dilaksanakan upacara api unggun yang diakhiri dengan yel-yel per kelompok reka, kuis, game serta unjuk kebolehan tiap kelompok yang terpilih. Acara berakhir pada pukul 22.30 WIB.

Minggu 24 januari2018 pukul  02.30 – 04.30 diadakan giat malam menyadarkan peserta untuk mengakui kesalahannya selama perkemahan berlangsung, menerapakan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan PBB  tongkat yang telah di ajarkan. Pada pukul 06.00 diadakan senam bersama dilanjutkan dengan  penjelajahan lingkungan di sekitar bumi perkemahan. Tepat pukul 13.00 diadakan  upacara penutupan kegiatan Penerimaan Tamu Racana (PTR), serta penyematan hadiah pada kelompok – kelompok reka  yang telah  memenangkan game. (d_peter,UKM Pramuka, &Beny/STIE/PPSI/2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *