UKM PRAMUKA STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG SUKSES MENGADAKAN PENERIMAAN TAMU RACANA TAHUN 2019

UKM PRAMUKA STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG SUKSES MENGADAKAN PENERIMAAN TAMU RACANA TAHUN 2019

Jum’at (18/01/2018) UKM Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang melaksanakan program kerja pertamanya di tahun 2019 dengan mengikuti Penerimaan Tamu Racana (PTR) di Bumi Perkemahan Kosambiwojo/CAI Wonosalam Jombang. Acara untuk menyambut dan menerima Tamu Racana Ki Hajar Dewantara – Rasuna Said ini  berlangsung selama 3 (tiga) hari ini diikuti kurang lebih 330 orang peserta.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 11.00 WIB ini dimulai dengan check in peserta di kampus STIE PGRI Dewantara Jombang. Pada pukul 14.00 WIB dilakukan pembekalan yang disampaikan oleh Kak Wenda Wahyu Christiyantio, selaku pembina UKM Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang dilanjutkan dengan pemberangkatan secara serentak di Bumi Perkemahan Kosambiwojo Wonosalam pada pukul 15.45 WIB. Upacara pembukaan dan upacara adat dilaksanakan tepat pada pukul 17.00 WIB. Hadir pula Kak Wenda dan Mahabigus Kak Dwi Ermayanti Susilo yang membuka acara pada hari itu. Selanjutnya pemberian materi pertama dengan menghadirkan pembicara dari BPDP Kabupaten Jombang pada pukul 19.45 WIB dilanjutkan materi kedua tentang pramuka pandega disampaikan oleh Kak Dedi sampai dengan pukul 23.30 WIB.

Sabtu (19/01/2018) di hari kedua diadakan giat malam pada dini hari pukul 02.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk mental dan spiritual peserta. Dilanjutkan dengan senam pagi dan kegiatan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang bertujuan untuk melatih jiwa kedisiplinan para peserta. Kegiatan outbond dipandu oleh Kak Isal, selaku KDR Putra yang nemberikan materi Rappling dan sekaligus pengaplikasiannya di lapangan. Acara ditutup dengan game dan pentas seni ssampai dengan pukul 23.00 WIB.

Minggu (20/01/2018)  di hari ketiga kegiatan dimulai dini hari pada pukul 02.00 WIB dengan kegiatan yang sama yaitu giat malam. Setelah acara senam bersama dilanjutkan dengan acara penjelajahan dan susur sungai. Kegiatan ini berlangsung seru dan menantang yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kebebasan antar anggota pramuka. Acara ditutup pada pukul 14.00 WIB dengan upacara pentutupan dan sayonara antar peserta dengan panitia. Dengan diadakannya Penerimaan Tamu Racana (PTR) diharapkan dapat menumbukan jiwa korsa antar anggota, membentuk karakter mental dan spiritual guna menghadapi era globalisasi dan mampu menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan gemilang melalui kegiatan kepramukaan (d_peter, Beny, UKM Pramuka/STIE/PPSI/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *