UKM Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang Sukses Menggelar  Penerimaan Anggota Racana (PAR) Masa Bhakti 2018-2019

UKM Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang Sukses Menggelar Penerimaan Anggota Racana (PAR) Masa Bhakti 2018-2019

Sabtu (23/02/2019) UKM Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang mengadakan kegiatan Penerimaan Anggota Racana (PAR) dengan tema “Bersama Mewujudkan Kader-Kader Pramuka yang Handal dengan Kemampuan, Keterampilan, serta Tanggung Jawab di Lingkungan Masyarakat.” Kegiatan ini merupakan program kerja ketiga dari UKM Pramuka yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari sampai dengan tanggal 24 Februari 2019 di Kampus STIE PGRI Dewantara Jombang.

Kegiatan ini diawali dengan check in di hari pertama pada pukul 13.00 – 14.00 WIB dan dilanjutkan dengan  upacara pembukaan. Setelah acara pembukaan, para  peserta mengikuti  brifing penjelajahan untuk mengetahui rute perjalanan, pos-pos yang harus dituju, serta tugas-tugas yang harus di kerjakan selama kegiatan berlangsung.  Penjelajahan dimulai pada pukul  16.00 dan berhenti fdi Desa Balong Biru, Mbrutu, Gading,  Jombang untuk mengadakan bakti sosial dengan cara membersihkan sampah-sampah lingkungan warga sekitar dan membagikan sembako kepada  warga yang kurang mampu.

Malam harinya pada pukul 19.30 para peserta mengikuti materi yang disampaikan oleh Ketua Dewan Racana (KDR) Pa-Pi dan dilanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Pemangku Adat. Acara berlangsung di Hall Budi Utomo STIE PGRI  Dewantara Jombang sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Minggu (24/02/2019) pukul 02.00 WIB dini hari, para peserta dibangunkan untuk kegiatan Pengambilan Bedge, di mana untuk dapat menemukan bedge tersebut, peserta diberikan petunjuk-petunjuk yang harus mereka pecahkan terlebih dahulu, serta setiap peserta dalam satu kelompok  harus menyanyikan lagu daerah dan yel-yel kelompok mereka. Pada pukul 05.00 para peserta mengikuti senam pagi di lapangan serba guna STIE PGRI Dewantara Jombang.

Pada pukul 06.30 WIB dilaksanakan upacara penutupan dan pelantikan anggota racana, dimana dalam adat Penerimaan Anggota Racana sendiri, para peserta di siram dengan air kembang oleh Kakak Wenda Wahyu Christiyanto, SE, MM, selaku Pembina UKM Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang. Upacara penutupan tersebut menandai berakhirnya juga acara Penerimaan Anggota Racana (PAR) UKM Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang untuk masa bhakti 2018-2019 (d_peter, Beny, UKM Pramuka/STIE/PPSI/2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *