RESIMEN MAHASISWA

STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG

MENWA SATUAN STIE PGRI DEWANTARA JOMBANG

Resimen Mahasiswa (disingkat Menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa). Markas komando satuan Menwa bertempat di perguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.

VISI

Menjadi wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam bela negara dan pengabdian masyarakat melalui pembelajaran disiplin, wawasan kebangsaan, kemampuan mental dan fisik serta kepemimpinan.

MISI

  • Menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, dan nilai-nila luhur budaya bangsa Indonesia.
  • Meningkatkan kesadaran bela negara pada generasi muda dan mahasiswa .
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan melalui kegiatan dan pelatihan di organisasi.
  • Senantiasa mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Melaksanakan tujuan dan fungsi Resimen Mahasiswa Indonesia serta mentaati peraturan dan tata tertib yang berlaku pada perguruan tinggi.

MENWA STIE PGRI Dewantara Jombang berdiri tanggal 16 Oktober 2014 Jombang yang ditandai dengan syukuran dan diresmikan oleh Bapak Huda dari  Skomen Mahasurya (wakil komandan resimen mahasiswa mahasurya Jawa Timur).  Selanjutnya anggota MENWA mendapat undangan untuk mengikuti upacara sumpah pemuda di Gedung Grahdi Surabaya pada tanggal  28 Oktober 2014 bersama dengan  Ibu Chusnul Rofi’ah, SE, MM, selaku Pembina Menwa di STIE PGRI Dewantara Jombang. Pada ranggal 3 November 2014 mendapatkan undangan lagi untuk mengikuti seminar kebangsaan di Universitas Hang Tuah Surabaya. Pada saat itu anggota Menwa STIE PGRI Dewantara Jombang mendapatkan arahan dari skomen bila Jombang termasuk dalam korwil V dan untuk segera berkoordinas dengan Kediri – Tulungagung untuk kegiatan-kegiatan MENWA. Tanggal 21 November 2014 rapat koordinasi dan rapat persiapan Pra-diklatsar Menwa di Uniwa Kediri dan perwujudannya pada tanggal 2-7 Desember 2014  diadakan pradik pertama Menwa STIE PGRI Dewantara Jombang.

Awal berdiri UKM MENWA STIE PGRI Dewantara Jombang  mempunyai anggota berjumlah 11 orang dengan pengurus inti pertama yaitu sebagai berikut :

Komandan­                       : Nilam Eka Nurcahya

Wakil Komandan             : Husnia Liruwanda

KASI HUMAS                   : Anita Febriani

KASI LOG & KWU           : Diana Ratnasari

KASI OPS & MIN             : Fajar Megawati Dan Meida Kusmita

KASI PAM & PROVOST : Laila Febriani Dan Febi Fitri S.

Anggota                            : Ayu Nalarati

Dafid Christian F.

Indra Agustina P.