Nama Racana Putra Gugusdepan 02.273 adalah “K.H. Dewantara” dan Nama Racana Putri gugusdepan 02.274 adalah “Rasuna Said”

Sejarah Racana

Secara historis, berdirinya Racana K.H. DEWANTARA-RASUNA SAID ini tidak terlepas dari sebuah perjuangan yang panjang. Upaya melacak kronologisnya bermula dari sebagian mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang yang ingin mengembangkan Gerakan Pramuka di lingkungan Kampus STIE PGRI Dewantara Jombang.

Dengan usaha yang keras untuk mengembangkan kepramukaan di lingkungan kampus, maka akhirnya berdirilah Gugusdepan Jombang 02.273-02.274 STIE PGRI Dewantara Jombang. Awal mula berdirinya Gugus depan ini adalah  sebagai wujud janji calon mahasiswa baru angkatan 2013 yang berasal dari PATI, JAWA TENGAH pada puket 3 kala itu dijabat oleh Kakak Nurali, SE, MSM yang menginginkan keberadaan Pramuka di STIE PGRI Dewantara Jombang. Karena itu, 1 orang Pramuka Pandega yang kebetulan berstudi di STIE PGRI Dewantara Jombang mengadakan Perintisan Awal pada tanggal 6 bulan April tahun 2014, moment ini paling diingat karena saat mendirikan Pramuka di STIE PGRI Dewantara Jombang  penuh perjuangan dan tantangan dari BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) & DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) serta dengan < 10 orang anggota yang masa itu belum sepenuhnya aktif dalam Pramuka, dan menjadi tonggak berdirinya Racana K.H. Dewantara Jombang sebagai wadah pembinaan dan pengembangan pramuka pandega di STIE PGRI Dewantara Jombang.

Selanjutnya, pada hari Rabu tanggal 8 Maret 2016 bertepatan dengan peresmian Gugusdepan dan acara pembukaan ORDIKPRAM-PTS & KPTR –seyogyanya dirayakan setiap tanggal 8 Maret –  di bawah naungan Kwartir Cabang Kotajombang (sekarang Kwarcab Kota Jombang) dan KWARAN DIWEK (kecamatan diwek) Gerakan Pramuka STIE PGRI DEWANTARA dikukuhkan  dengan nomor pangkalan Gugus depan 02.273-02.274.

Nama K.H. Dewantara-Rasuna Said diabadikan dalam Racana  Gerakan Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang setelah menelusuri sejarah peranan kedua tokoh tersebut. K.H. Dewantara diabadikan untuk nama Racana Putra dan Rasuna Said untuk Racana Putri.

Upaya aplikasi untuk membina dan mengembangkan potensi Gerakan Pramuka di STIE PGRI Dewantara Jombang, Racana K.H. Dewanrata-Rasuna said menyandang Visi ke depan bahwa “Humanisme Transformatif sebagai Paradigma Gerakan Pramuka”. Karena  itu, untuk mewujudkannya ditranslasikan dalam misinya diantaranya adalah :

  1. Kaderisasi angota yang berkomitmen, sehat jasmani dan rohani
  2. Mempertegas peran dan fungsi Gerakan Pramuka
  3. Reorientasi kegiatan ke arah pengabdian masyarakat
  4. Mempersiapkan anggota untuk terjun ke masyarakat

Sesuai dengan Visi dan Misi yang diharapkan  maka anggota Pramuka STIE PGRI Dewantara Jombang dipersiapkan untuk menjadi pembina-pembina pramuka berkualitas, pengabdian terhadap masyarakat.

Sejak  tahun 2016 sampai sekarang tetap hidup dan mengukir prestasi. Terima kasih kepada segala pihak yang turut berjasa atas berdirinya gugus depan ini, semoga amal baktinya mendapat ganjaran dari Allah SWT. Amin.

Motto

Motto Adat Racana K.H Dewantara dan Rasuna Said Gugusdepan Jombang 02.273-02.274 STIE PGRI Dewantara Jombang adalah ”Badalas Balangsar Dada, Lamun Manyarah Kahada” yang maksudnya adalah haram menyerah, kuat tak tergoyahkan serta tabah sampai akhir perjuangan hingga mencapai kesuksesan.