WORKSHOP E-LEARNING UNTUK DOSEN STIE PGRI Dewantara Jombang

screenshot_3

Tridharma perguruan tinggi adalah suatu kewajiban yang melekat pada diri seorang dosen, salah satunya adalah memberikan pengajaran kepada para mahasiswa. Di era globalisasi ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, diharapkan para dosen harus mempu mengikuti perkembangan teknologi, dan memanfaatkannya untuk memberikan inovasi pembelajaran, dengan harapan bisa membuat pembelajaran semakin menarik dan menambah semangat belajar para mahasiswa. Salah satu inovasi pembelajaran yang ditempuh adalah dengan pemanfaatan e-learning.

 

Untuk mengembangkan inovasi pembelajaran E-learning di lingkungan STIE PGRI Dewantara Jombang, maka pada hari Rabu, 1 Maret 2017, Prodi Manajemen bekerjasama dengan Prodi Akuntansi menggelar workshop e-learning berjudul “E-learning Refreshment for Lecturer”. Workshop ini terselenggara dengan dukungan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Universitas Airlangga (LP3 UNAIR), di mana LP3 UNAIR menugaskan Bapak Farid Dimyati Lusno, dr. M.KL. sebagai pematerinya. Workshop ini  dimulai pukul 09.00 WIB di Graha Dewantara lt. 3, Kampus STIE PGRI Dewantara Jombang, dan diikuti oleh seluruh dosen tetap dan dosen tidak tetap STIE PGRI Dewantara Jombang.

 

Dalam workshop ini, pemateri memberikan suatu wawasan baru tentang kelebihan pemanfaatan teknologi dalam memberikan pengajaran pada mahasiswa, beberapa diantaranya adalah optimalisasi penggunaan software Microsoft Power Point dan Microsoft Word, pembuatan soal online dengan menggunakan software Hot Potatoes, pemanfaatan software MindJet Manager, serta pemanfaatan fasilitas yang terdapat dalam Windows. Dan hal yang terpenting disampaikan oleh pemateri bahwa e-learning harus diintegrasikan dalam suatu sistem, sehingga ke depannya e-learning kampus STIE PGRI Dewantara Jombang bisa memudahkan mahasiwa dan dosen dalam proses pembelajaran, mulai dari pemrograman mata kuliah, hingga evaluasi pembelajaran. Para peserta workshop sangat antusias untuk mempraktekkan materi yang disampaiakan oleh pemateri, sehingga pemateri harus keliling ke beberapa peserta yang menanyakan tentang pengoperasian beberapa fungsi software.

 

Para dosen STIE PGRI Dewantara Jombang tetap bersemangat untuk belajar tentang e-learning hingga sesi terakhir tentang editing gambar sederhana menggunakan sofware Power Point. Sebelum acara ditutup pada pukul 13.15 WIB, Dra. Yuniep Mujati Suaidah, M.Si., selaku Ketua PGRI Dewantara Jombang berpesan agar para dosen bisa memanfaatkan ilmu yang diperoleh dan mulai mengaplikasikannya pada perkuliahan yang akan datang. Beliau juga meminta kepada Bapak Farid Dimyati Lusno, dr. M.KL. selaku pemateri dan perwakilan dari LP3 UNAIR untuk bisa selalu mendampingi STIE PGRI Dewantara Jombang, dalam pengembangan inovasi pembelajaran e-learning ke depannya, untuk mewujudkan visi STIE PGRI Dewantara Jombang sebagai perguruan tinggi yang unggul di bidang Ekonomi dan Bisnis yang berwawasan global. (WEN/2017)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *